Rabu, 31 Agustus 2016

Pencak Silat Siap Dikemas Sebagai Ikon Pariwisata Pangandaran

  Rabu, 31 Agustus 2016
http://www.harapanrakyat.com

Dalam upaya melestarikan seni budaya dan olahraga warisan nenek moyang, acara pentas jawara pencak silat rencananya akan dijadikan ikon tahunan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Acara tersebut akan dikemas untuk pariwisata.

Hal itu dikatakan Ketua IPSI Kabupaten Pangandaran, Hendar Suhendar, kepada HR Online, saat ditemui beberapa waktu lalu disela-sela kegiatan pentas jawara pencak silat di Pangandaran.

Menurutnya, selain untuk meramaikan jawara dari daerah pakidulan, seluruh murid dari puluhan padepokan pencak silat yang ada di Pangandaran pun hadir dan unjuk gigi dengan beragam jurus dan senjata tajam.

“Dalam kontes jawara pakidulan jilid dua kali ini tidak hanya diikuti oleh para pendekar dari Jawa Barat saja, namun dari Sumatera, Kalimantan, Medan dan Sulawesi pun turut hadir,” terang Hendar.

Senada dikatakan Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, bahwa perhelatan jawara pakidulan nantinya akan ditetapkan menjadi salah satu kegiatan tahunan dan peringatan hari jadi Kabupaten Pangandaran.

“Warisan leluhur pencak silat juga ke depan siap diolah untuk dijadikan icon pariwisata, yang kemudian dikemas dan disuguhkan kepada para tamu, dalam hal ini adalah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” katanya.

Jeje merasa yakin, pencak silat yang ada di Kabupaten Pangandaran saat ini, secara tidak langsung mampu menjadi daya tarik serta ciri khas pariwisata Kabupaten Pangandaran.

Untuk itu, dirinya pun tak henti-henti menghimbau kepada semua lapisan masyarakat Pangandaran supaya tetap berperan aktif dalam segala hal. Terutama di bidang pembangunan yang sedang dilakukan oleh pihak Pemkab Pangandaran. (Ntang/R3/HR-Online)

Sumber :
Harapan Rakyat. 2016. Pencak Silat Siap Dikemas Sebagai Ikon Pariwisata Pangandaran. Diakses tanggal 31 Agustus 2016. Link ; http://www.harapanrakyat.com/2016/08/pencak-silat-siap-dikemas-sebagai-ikon-pariwisata-pangandaran/